Friday 5 June 2015

Kenali 11 Tanda Awal Kehamilan! Calon Ibu Wajib tahu...

Tanda-tanda kehamilan merupakan saat yang paling dinantikan oleh seorang perempuan yang menginginkan dirinya memiliki seorang buah hati dambaan keluaga (family hoping). Dengan terjadinya kehamilan menandakan bahwa pasangan suami isteri memiliki tingkat kesuburan yang baik dan hal ini juga menandakan bahwa mereka tidak memiliki masalah kesehatan yang berarti. Dengan datangnya tanda-tanda kehamilan, hadirnya seorang buah hati dalam keluarga mereka tinggalah menunggu waktu. Keluarga terasa semakin lengkap dengan kehadiran buah hati yang dinanti.


Namun ada kalanya, pasangan suami isteri belum mengetahui secara betul mengenai tanda-tanda kehamilan ini. Mereka kadang masih bingung membedakan mana tanda-tanda kehamilan (pregnancy symptoms) sebenarnya dengan  tanda akan datang menstruasi, karena banyak kasus terjadi bahwa tanda-tanda kehamilan biasanya mirip dengan tanda-tanda akan datang menstruasi. Ketidaktahuan mengenai hal ini  juga menyebabkan beberapa kasus terjadinya keguguran (miscarriage).

Hal ini disebabkan masih dilakukannya suatu aktivitas atau konsumsi makanan yang seharusnya tidak boleh dilakukan selama kehamilan, padahal sebetulnya dia sudah mengalami kehamilan. Dengan ketidaktahuan akan tanda-tanda kehamilan juga mengakibatkan persiapan yang matang menyongsong kehamilan menjadi terabaikan. Sebaliknya, banyak kasus para keluarga stress karena tanda-tanda yang sudah dianggapnya sebagai sebuah tanda kehamilan,  ternyata sesudah dilakukan beberapa kali test ternyata hasilnya negatif. Bayangan dan dambaan kehamilan yang mereka tunggu akhirnya menjadi sirna.

Banyak para perempuan menilai bahwa tanda-tanda kehamilan hanya melihat dari satu sisi saja, yaitu terlambat datangnya menstruasi. Memang betul, salah satu tanda-tanda kehamilan ini adalah terlambatnya menstruasi. Namun, terlambat menstruasi ini juga bukan hanya disebabkan oleh kehamilan saja, banyak hal yang mempengaruhinya, pola makan, stress, kecapaian, adanya gangguan hormonal dan faktor lainnya.

Jika Anda bertanya-tanya apakah diri Anda sedang hamil atau tidak? Hal paling mudah untuk mengetahuinya adalah dengan melakukan tes kehamilan. Tetapi sebelum melakukannya, Anda mungkin bisa mengenali beberapa tanda awal kehamilan untuk lebih meyakinkan diri Anda. Selain terlambat datang bulan, berikut adalah 10 tanda awal kehamilan, seperti dilansir Mayo Clinic.

1. Payudara membengkak dan terasa lembut
Pada awal kehamilan, perubahan hormon bisa membuat payudara Anda menjadi lebih lembut, sensitif atau nyeri. Atau, payudara Anda mungkin akan terasa lebih penuh dan besar.

2. Mual dengan atau tanpa muntah
Morning sickness bisa menyerang wanita hamil setiap saat, baik itu pagi, siang atau malam hari. Hal tersebut bisa terjadi tiga minggu setelah pembuahan. Wanita hamil mungkin juga mengalami keluhan, misalnya saat mencium bau tertentu yang dulunya tidak pernah mengganggu mereka, kini bau itu membuat mereka merasa ingin muntah.

3. Sering buang air kecil
Ketika Anda hamil, Anda mungkin akan lebih sering buang air kecil daripada biasanya.

4. Mudah lelah
Selama awal kehamilan, kadar hormon progesteron Anda akan melambung. Itu dapat membuat Anda jadi mudah mengantuk atau lelah.

5. Mengidam
Ketika Anda hamil, Anda mungkin merasa tertarik untuk makan makanan tertentu. Mengidam juga dapat dihubungkan dengan perubahan hormonal yang terjadi pada tubuh.

6. Bercak darah
Selama awal kehamilan, Anda mungkin akan mengalami sedikit pendarahan. Kadang-kadang ada sedikit bercak darah yang keluar dari vagina Anda. Dikenal sebagai pendarahan implantasi, hal itu terjadi ketika telur yang telah dibuahi menempel pada lapisan rahim - sekitar 10 sampai 14 hari setelah pembuahan.

Pendarahan implantasi umumnya berlangsung dalam waktu yang singkat dan terjadi selama periode menstruasi. Namun, pendarahan implantasi biasanya jauh lebih ringan dari pendarahan menstruasi.

7. Kram
Beberapa wanita mengalami kram ringan di sekitar rahim pada awal kehamilan.

8. Perubahan suasana hati
Gejolak hormon dalam tubuh di masa awal kehamilan akan membuat Anda luar biasa emosional dan cengeng.

9. Pusing
Kehamilan menyebabkan pembuluh darah membesar dan tekanan darah menurun. Akibatnya, Anda mungkin akan menderita pusing atau sakit kepala ringan.

10. Sembelit
Perubahan hormon dapat menyebabkan sistem pencernaan Anda melambat. Kondisi itulah yang kemudian memicu sembelit.

11. Suhu tubuh naik
Suhu tubuh Anda ketika bangun di pagi hari akan meningkat sedikit - segera setelah ovulasi. Jika kondisi itu berlangsung selama lebih dari dua minggu, itu bisa berarti Anda sedang hamil.

Meski tanda awal kehamilan pada setiap wanita berbeda-beda, sebelas tanda di atas bisa membantu Anda untuk menentukan apakah Anda hamil atau tidak.

0 komentar:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

×::Get This::