Saturday 20 June 2015

Khasiat dan Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

Buah mengkudu merupakan salah satu buah asli yang berasal dari Asia tenggara. Bentuk buahnya yang agak lonjong dan agak berbintik pada permukaan, namun banyak orang yang kurang menyukai aroma buah ini. Pada umumnya buah mengkudu dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat untuk bahan makanan seperti sayur, rujak dan juga jus. Bagi sebagian orang yang tidak menyukai buah mengkudu ini, ada baiknya untuk mengenal lebih dekat buah mengkudu ini.


Tanaman ini tumbuh di dataran rendah hingga pada ketinggian 1500 m. Tinggi pohon mengkudu mencapai 3-8 m, memiliki bunga bongkol berwarna putih. Buahnya merupakan buah majemuk, yang masih muda berwarna hijau mengkilap dan memiliki totol-totol, dan ketika sudah tua berwarna putih dengan bintik-bintik hitam.

Secara tradisional, masyarakat menggunakan buah mengkudu sebagai sayur dan rujak. Daunnya juga digunakan sebagai salah satu bahan nicah peugaga yang sering muncul sebagai menu wajib buka puasa. Karena itu, mengkudu sering ditanam di dekat rumah di pedesaan. Selain itu mengkudu juga sering digunakan sebagai bahan obat-obatan. Morinda Citrifolia atau yang biasa kita kenal dengan buah mengkudu atau pace memang telah sejak dahulu dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Bahkan buah ini disebut-sebut sebagai “Hawai Magic Plant” tumbuhan ajaib dari hawai.

Di dunia ini ada 80 macam mengkudu, namun yang bisa masuk atau dikonsumsi oleh manusia hanya sebanyak 20 jenis saja. Sedangkan 60 jenis lainnya adalah racun dan jika dikonsumsi akan membahayakan tubuh. Buah pace bermanfaat untuk kesehatan karena kandungannya yang lengkap.
 
Buah yang dahulunya disebut dengan “Noni” ini juga menjadi buah keramat di tahun 1500 SM oleh bangsa Polinesia. Bangsa tersebut meyakini jika buah mengkudu memiliki banyak manfaat tersendiri bagi penduduk Polinesia.


Pada Penelitian NCCAM mencakup studi tentang buah mengkudu untuk kanker, menentukan keamanan dan potensi dampak pada tumor dan gejala, serta studi laboratorium efek mengkudu pada sel-sel kanker prostat.

Dalam beberapa penelitian laboratorium, buah mengkudu menunjukkan kandungan antioksidan, merangsang kekebalan tubuh dan bersifat melawan tumor. Hasil tersebut telah menunjukkan bahwa buah mengkudu, menjamin penelitian lebih lanjut untuk kondisi seperti kanker dan penyakit kardiovaskular.  

Berikut ini berbagai macam zat yang ada dalam buah pace atau mengkudu :

 1. Nutrisi

Terdapat banyak sekali nutrisi yang terkandung di dalam buah mengkudu. Nutrisi tersebut tentu sangat diperlukan oleh tubuh seperti protein dan mineral yang sangat penting serta beberapa vitamin yang berguna bagi tubuh.

2. Terpenoid


Tubuh akan melakukan pemulihan dari sel-sel di dalamnya dengan melakukan sintesis organik, dan untuk membantu semua proses tersebut zat yang terdapat dalam mengkudu ini sangat berguna.

3. Anti bakteri 


Beberapa penyakit berasal dari perkembangan bakteri di dalam tubuh Anda, karena itulah jika Anda ingin sembuh maka harus berusaha untuk mematikan bakteri tersebut. Dari keampuhan dari buah mengkudu kita akan memperolah kandungan yang berguna untuk membasmi bakteri dalam tubuh kita secara aktif. Selain itu bakteri yang lebih mematikan seperti pathogen juga dapat dikontrol dengan baik, karena itulah mengkudu sering digunakan sebagai bahan obat-obatan.

4. Anti kanker 


Kita tentu tahu bahwa kanker sangatlah berbahaya dan termasuk salah satu penyakit yang paling ditakuti semua orang. Disinilah mengkudu sangat berguna karena didalamnya terdapat zat yang digunakan sebagai anti kanker.

Keampuhan dari Buah Mengkudu dengan Manfaat yang Luar Biasa


Setelah mengetahui beberapa kandungan yang terdapat dalam buah mengudu sekarang marilah kita lihat keampuhan dari kandungan tersebut serta manfaatnya bagi tubuh kita.

 1. Meningkatkan daya tahan 


Seperti sudah kita ketahui sebelumnya dalam buah mengkudu terdapat banyak sekali nutrisi. Dan kesemua nutrisi tersebut terdapat dalam jumlah yang seimbang sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan daya tahan dari tubuh Anda. Untuk mendapatkannya Anda bisa mencoba mengkonsumsi buah ini dengan cara dijus. Selain itu dalam jus tersebut juga terdapat banyak kandungan anti oksidan melalui vitamin E nya sehingga tubuh akan terhidar dari pengaruh radikal bebas yang berbahaya.

2. Mencegah peradangan


Kandungan yang terdapat dalam buah mengkudu juga sangat berguna untuk mencegah terjadinya peradangan karena buah ini sudah terbukti sebagai anti inflamasi yang baik. Selain itu serangan jantung juga dapat dihindarkan dengan mengkonsumsi mengkudu secara rutin.

3. Menghilangkan rasa sakit


Saat menderita penyakit tertentu terkadang kita akan merasakan rasa sakit yang teramat sangat sehingga dokter sering menggunakan analgesic untuk mengatasinya. Namun sebagai alternatif alami, keampuhan dari buah mengkudu ini dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit tersebut terutama untuk rasa sakit yang berpengaruh pada sendi dengan kandungan morfin sulfat yang terdapat di dalam buah mengkudu sampai 75% ini.
 

4. Mengobati tekanan darah tinggi

Sebagian dari Anda terkadang merasakan tekanan darah yang sangat tinggi dan hipertensi yang sangat berbahaya karena dapat memicu terjadinya penyakit yang lain. Dengan mengkonsumsi mengkudu maka Anda dapat mengendalikan tekanan darah dengan baik sehingga mampu mengatasi penyakit tersebut. Caranya adalah dengan memeras buah tersebut untuk diambil sarinya kemudian campurkan satu sendok madu kedalamnya. Saring ampasnya kemudian konsumsi setiap dua hari. Anda dapat merasakan keampuhan dari buah mengkudu tersebut setelah mengkonsumsinya dengan rutin.

5. Buah Mengkudu Untuk Menyembuhkan Batuk

Manfaat buah mengkudu yang lainnya adalah mengobati batuk. berikut resepnya  satu buah mengkudu dan ½ genggam daun poo (bujanggut). campurkan bahan tersebut dan direbus dengan dua gelas air hingga tersisa satu gelas. Saring kemudian, diminum dua kali sehari tiap pagi dan sore.


6. Buah Mengkudu Untuk Obat Sakit Perut

Khasiat buah mengkudu yang selanjutnya adalah sebagai obat sakit perut. Gunakan 2-3 helai daun mengkudu. cuci bersih, kemudian ditumbuk halus, ditambah garam secukupnya dan kemudian diseduh dengan air panas. Setelah dingin, airnya disaring dan diminum.


7. Buah Mengkudu Untuk Mengobati Sakit Kuning

Gunakan 2 buah Mengkudu yang telah masak di pohon dan 1 bungkul gula batu. kemudian, buah mengkudu diblender dan peras untuk diambil sarinya, kemudian dicampur dengan madu aduk sampai rata. Saring airnya, diminum dan diulangi 2 hari sekali.


8. Buah Mengkudu Untuk Demam, Masuk angin dan influenza

Gunakan 1 buah mengkudu tambahkan 1 rimpang kencur. Kedua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih dan hingga tinggal tersisa 1 gelas. Setelah dingin, airnya disaring, kemudiant diminum dua kali sehari, tiap pagi dan sore.


9. Menyembuhkan penyakit kulit

Dalam buah mengkudu terdapat banyak sekali kandungan seperti antrakuinon maupun kopoletin serta terpana. Kandungan tersebut sangat effektif untuk menghilangkan jamur serta parasit yang lain sehingga dapat menghilangkan penyakit kulit.


10. Buah Mengkudu Untuk Mengatasi kulit bersisik

Untuk ramuan buah mengkudu mengatasi kulit bersisik dengan Cara, bagian kulit yang bersisik digosok dengan buah mengkudu tersebut sampai merata, dan dibiarkan selama 5-10 menit, kemudian dibersihkan dengan kain bersih yang dibasahi dengan air hangat.



Manfaat Mengkudu untuk Kecantikan antara lain :
  • Memberantas ketombe.
  • Mencegah rambut rontok.
  • Menghilangkan sisik kulit.

Khasiat Lainnya Untuk Buah Mengkudu :


Mengkudu memiliki khasiat-khasiat lain yang belum dibuktikan secara medis, namun secara empiris telah banyak orang yang mengalami perbaikan dan peningkatan kesehatan setelah mengonsumsi sari buahnya. Beberapa problem kesehatan yang dapat diatasi dengan menggunakan Mengkudu:


  1. Sistem pencernaan: Perut kembung, luka pada usus halus, radang lambung, muntah-muntah dan keracunan makanan.
  2. Sistem pernapasan: Batuk, bronchitis, sakit tenggorokan, TBC, kolera, demam pada bayi, sinusitis, asma.
  3. Sistem kardiovaskular: Kolesterol tinggi, penebalan otot jantung, meningkatkan transportasi oksigen di dalam sel.
  4. Penyakit kulit: Luka bakar, luka, kudis, bisul, selulit, cacing kulit, ketombe, kurap, dan radang pada kulit, borok pada kulit, serta masalah-masalah pada kulit lainnya.
  5. Mulut dan tenggorokan: Radang tenggorokan, gusi berdarah, batuk, sariawan, sakit gigi.
  6. Gangguan menstruasi: Sindrom pra-menstruasi, siklus haid yang tidak teratur, nyeri pada waktu haid.
  7. Awet muda: Sari buah Mengkudu dapat digunakan sebagai tonik untuk mengatasi keriput akibat proses penuaan.
  8. Penyakit-penyakit dalam tubuh: Diabetes, hepatitis kronis, sakit pinggul, sakit kepala, gangguan fungsi ginjal, kencing batu, gangguan pada hormon tiroid.
  9. Defisiensi daya tahan tubuh: Penyakit virus Epstein-Barr, candidiasis kronis, penyakit akibat infeksi virus HIV, kekurangan tenaga (AES=altered energy syndrome).


Tips Untuk memanfaatkan Buah Mengkudu Agar Lebih Berkhasiat.

Jika Ingin Mendapatkan Manfaat Mengkudu dengan semaksimal mungkin maka usahakan untuk mengambil sarinya hal ini dapat dilakukan dengan cara di blander ataupun di serut sesuai dengan kebutuhan setelah hal tersebut di lakukan saring degan penyaring yang lembut agar kita benar-benar mendapatkan sarinya yang tanpa ampasnya dan juga kita dapat tambahkan madu secukupnya untuk di gunakan pengobatan.

Bagaimana, masih ragu untuk mengkonsumsi buah “Noni” atau buah mengkudu ini. 


Selamat Mencoba...

0 komentar:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

×::Get This::