Monday 30 March 2015

Inilah Manfaat Buah dan Daun Kedondong Bagi Kesehatan


Kedondong merupakan tanaman yang berasal dari Asia Tenggara dan Asia Selatan. Tanaman ini berasal dari famili Anacardiaceaeyang telah tersebar ke seluruh daerah tropic. Tanaman kedondong banyak ditanam di kawasan Asia Tenggara. Di negara Filipina merupakan salah satu wilayah yang menjadi sentra penanaman kedondong unggul yakni jenis Spondias purpurea L. Sedangkan di Indonesia, penghasil kedondong salah satu diantaranya berada di Karimunjawa-Jepara-Jawa Tengah.

Tanaman kedondong memiliki batang kayu (lignosus), berbentuk bulat, bentuk percabangan batang simpodial dan arah tumbuh tegak. Kedondong berakar tunggang dan berwarna coklat tua. Buah dari tanaman ini memiliki biji bulat dan berserat kasar, termasuk buah dengan jenis buni, warna saat muda hijau sedangkan saat sudah tua akan berubah menjadi kuning kehijauan.

Kedondong masuk kedalam kategori tanaman berdaun majemuk. Ciri lainnya memiliki pangkal daun yang runcing, warna daun hijau dengan panjang daunnya sekitar 5 sampai 8 cm dan lebar 3 sampai 6 cm. Bagian terlebar berada di tengah-tengah helaian daunya berbentuk jorong atau ovalis, tata letak daun tersebar, dilihat dari arah tulang – tulang cabang yang besar pada helaian daun kedondong ini termasuk daun yang bertulang menyirip dengan jumlah anak daun yang gasal dan anak daun yang berpasang-pasang, tepi daunnya rata, permukaan daun mengkilat dan licin. 

Daun mudanya bisa dijadikan bumbu penyedap pada masakan, bisa juga dikukus sebagai lalapan. Buahnya bisa dimakan, biasanya dijadikan sebagai campuran rujak ataupun manisan.

Kandungan

  • Batang dan daun kedondong mengandung saponin, flavonoida dan tanin, sedangkan kandungan gizi buah kedondong matang mengandung energi sebesar 41 kilokalori, karbohidrat 10,3 gram, lemak 0,1 gram, vitamin B1 0,08 miligram, kalsium 15 miligram protein 1 gram, , fosfor 22 miligram, dan zat besi 3 miligram, vitamin A sebanyak 233 IU, dan vitamin C 30 miligram.
  • Kandungan gula ( sukrosa) yang ada pada kedondong sangat bermanfaat sebagai penambah energi dan vitalitas tubuh. Selain itu serat alam dan kandungan airnya yang cukup tinggi bagus sebagai pencegah dehidrasi dan pelancar pencernaan.

Manfaat Buah dan Daun Kedondong Bagi Kesehatan

  • Anemia (Buah)
Kandungan zat besi dalam 100 gram buah kedondong mencapai 30 mg, dapat membantu proses pembentukan sel darah merah.
  • Kecantikan Kulit Wajah dan Tubuh (Buah)
Kaya akan kandungan vitamin C yaitu 30-50 mg dalam 100 gram buah kedondong sehingga rajin mengkonsumsi buahnya dapat membantu proses regenerasi kulit dengan cara meningkatkan produksi kolagen yang berperan penting dalam elastisitas kulit. Selain itu, vitamin C juga bersifat antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas.
  • Borok  dan Luka Terbakar (Daun)
Daun kedondong juga digunakan secara tradisional untuk mengobati obat borok, luka perih dan luka terbakar.
  • Mengatasi Diare (Daun)
Untuk mengatasi diare, gunakan kurang lebih 15 gram kulit batang kedondong segar yang telah dicuci bersih. Lalu potong kecil-kecil dan rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit. Tunggu sampai dingin lalu saring dan air hasil saringan dapat diminum 2 kali sehari.
  • Pemeliharaan Saluran Pencernaan dan Diet (Buah)
Kandungan serat pada 100 gram buah kedondong yang mencapai 0,83-3,60 mg sangat bermanfaat untuk melancarkan fungsi saluran cerna.
  • Menurunkan Berat Badan (Buah)
Selain itu, karena mengandung lemak, protein dan karbohidrat dalam jumlah rendah, buah kedondong juga dapat membantu bagi mereka yang sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan. Hanya saja, jika ingin mengkonsumsi buah kedondong untuk diet, pilihlah yang belum matang benar karena kandungan buah kedondong yang belum matang benar ini sangat tinggi serat dan air. 

Sementara buah kedondong yang matang kandungan sukrosanya tinggi sehingga menambah jumlah kalori di dalamnya.
  • Obat Batuk Alami (buah)
Untuk mengobati batuk, gunakan 3 buah kedondong yang telah dicuci bersih. Lalu parut dan peras airnya tanpa ditambahkan air. Berikan sedikit garam pada air perasan dan ramuan siap utnuk diminum 2 kali sehari.
  • Penambah Energi dan Vitalitas Tubuh (Buah)
Buah yang satu ini yakni Buah kedondong memiliki unsur gula dalam bentuk sukrosa yang bermanfaat sebagai penambah energi dan vitalitas tubuh. 


   

0 komentar:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

×::Get This::