Monday 30 March 2015

Inilah Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini!


Pendidikan anak usia dini(PAUD) merupakan tahapan penting bagi anak. Anak-anak di usia dini otaknya sedang berkembang pesat sehingga pengajaran yang diberikan di usia dini akan sangat berguna bagi perkembangan mereka nantinya.

Pendidikan anak usia dini dimulai saat usia pertama hidupnya. Tahun pertama merupakan periode kritis dan juga menentukan perkembangannya setelah dewasa. Maka sangat dianjurkan sekali untuk memasukan anak ke dalam sekolah PAUD agar anak dapat menuai manfaat positif baik secara mental maupun fisik bagi dirinya. Apa saja sih manfaat yang diberikan dari PAUD ini?

Seperti yand dikutip dari lintas.me, berikut ini akan diuraikan manfaat positif dari pendidikan usia dini yang wajib dipertimbangkan oleh semua ibu.

Perkembangan Fisik Anak Meningkat

Manfaat pertama yang diberikan adalah melejitnya perkembangan fisik anak. Perkembangan fisik atau motorik seorang anak akan meningkat seiring dengan seringnya ia menjalani PAUD. Di dalam sekolah PAUD, anak akan diberikan kesempatan untuk mengeksplor kemampuannya melakukan berbagai gerakan. Hal ini akan membuat anak mampu untuk mengontrol gerakannya dengan baik.

Membangun Kecerdasan Sosial Anak

Seorang anak yang masih sangat muda usianya tentu harus diarahkan tentang bagaimana cara bergaul dengan sesamanya. Ketika seorang anak menjalani PAUD maka ia akan belajar tentang cara bersosialisasi dengan teman-temannya.

Di samping itu, ia pun akan belajar rasa kesetiakawanan, dan kepekaan sosial. Sehingga mereka akan lebih peduli dan peka terhadap apa yang terjadi di sekitarnya. Di samping itu, anak yang sudah terbiasa akan menjadi lebih mudah bergaul dan lebih percaya diri di tengah-tengah masyarakat. Hal ini akan mengecilkan kemungkinan anak tumbuh menjadi seorang introvert.

Kreativitas Anak Menjadi Lebih Optimal

Dalam perkembangannya bila anak rutin mengikuti PAUD, maka ia akan menjadi semakin kreatif. Anak akan mulai belajar untuk menciptakan sesuatu yang menarik. Pengajar yang ada di sekolah PAUD sangat berperan besar dalam hal ini. Guru-guru biasanya akan mengajarkan anak untuk berkreasi dengan kreatif, dan menunjukan bakatnya sejak dini.

Melatih Kemampuan Menyelesaikan Masalah

Anak-anak dalam pergaulannya di sekolah PAUD pasti akan menemui berbagai masalah baru setiap harinya. Hal ini mau tidak mau memaksa anak untuk memecahkannya. Maka anak akan terdorong untuk menggunakan kemampuan otaknya untuk menyelesaikan masalah tersebut. Anak yang sudah terbiasa memecahkan masalah dalam pengajaran PAUD cenderung lebih cerdas dan percaya diri.

0 komentar:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

×::Get This::