Thursday 16 April 2015

10 Cara Jitu Usir Kantuk Saat Kerja


Tidur merupakan kebutuhan krusial manusia dalam hidupnya selain makan. Sebab tidur bermanfaat untuk memberikan tubuh waktu istirahat yang cukup agar semua sistemnya tetap berjalan dengan baik. Tidur juga akan memberikan Anda energi yang akan dipakai untuk beraktivitas.

Namun terkadang Anda merasa bahwa sebanyak apapun waktu yang Anda habiskan untuk tidur, Anda selalu merasa mengantuk. Masalahnya terkadang Anda dihadapkan pada kondisi di mana mata Anda harus selalu senantiasa terbuka dan tubuh bersemangat. 

Dilansir dari healthmeup.com, berikut adalah cara jitu untuk membuka mata dan mengusir kantuk.

Mandi sinar matahari
 
Sinar matahari merupakan cara yang paling alami untuk membuka mata Anda. Vitamin D yang diproduksi dalam tubuh karena sinar mahari bisa menghindarkan Anda dari rasa kantuk.

Minum banyak air
 
Salah satu alasan Anda merasa kantuk adalah dehidrasi. Jika Anda mengalami dehidrasi maka Anda akan merasa kantuk, bingung, dan mudah lupa. Minum banyak air bisa membantu Anda untuk kembali menyegarkan mata Anda.

Sarapan
 
Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang sarapan akan merasa lebih enerjik baik secara mental maupun fisik. Sebab sarapan akan membantu Anda untuk menurunkan hormon kortisol, hormon stres penyebab kantuk.

Berjalan kaki
 
Duduk dalam jangka waktu yang lama mampu membuat Anda merasa kantuk. Salah satu solusinya adalah cobalah untuk berjalan kaki keliling kantor secara perlahan.

Menarik napas dalam-dalam
 
Menarik napas secara dalam-dalam akan membantu Anda untuk tetap terjaga. Jadi jika Anda mengantuk, segera duduk dengan posisi yang rileks. Kemudian tarik napas secara perlahan dan hembuskan selama 6-10 detik. Cara ini mampu meningkatkan suplai oksigen di dalam aliran darah dan membuat mata Anda kembali terbuka.

Mendengarkan musik
 
Mendengarkan musik bisa membantu Anda dalam membangkitkan kembali energi yang meredup karena kantuk. Namun cobalah untuk tidak mendengarkan musik dengan ritme yang menenangkan sebab justru akan membuat Anda mengantuk.

Meregangkan tubuh
 
Jika Anda sulit untuk berjalan pelan keliling kantor, cobalah melakukan aktivitas fisik ringan lainnya dengan meregangkan tubuh setiap setengah jam. Aktivitas ini akan membantu Anda untuk merasa lebih waspada sepanjang hari.

Minum kafein
 
Minum sesuatu yang mengandung kafein menjadi solusi yang banyak dipilih orang untuk mengusir kantuk. Namun Anda pun harus membatasi konsumsinya, sebab jika terlalu banyak maka dapat merusak jam tidur Anda.

Mencuci muka
 
Merasa kantuk di siang ini? Segera bangun dari kursi dan pergilah ke toilet untuk mencuci muka Anda. Percikan air akan secara ajaib membuat mata Anda melek dan meningkatkan energi Anda.

Tidur siang atau tidur sebentar
 
Masih merasa mengantuk padahal Anda telah melakukan banyak tips untuk mengusir kantuk? Tidak ada pilihan lain selain tidur siang. Tidur siang walaupun hanya sebentar namun berkualitas mampu mengusir rasa kantuk Anda.

Jadi bila di tempat kerja, Anda sering menguap lebar dan mengusap air mata karena kantuk? Segera lakukan tips di atas!

0 komentar:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

×::Get This::