Thursday 28 May 2015

Ciri-ciri Uang Palsu Menurut Bank Indonesia, Kita Wajib Tahu...


Dengan terbongkarnya sindikat pembuat uang palsu oleh polisi di Mampang, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu, kita mesti waspada apakah uang yang kita pegang tersebut asli atau palsu.

Perwakilan dari Bank Indonesia (BI) Aswin Kosotali dan Tri Adi Riyanto menyampaikan bagaimana cara membedakan uang asli dan palsu. Hal tersebut berdasarkan hasil temuan Polres Jakarta Selatan berupa uang kertas palsu tersebut.

Ciri-ciri khas uang rupiah bisa dikenali dengan unsur pengalaman. Cara mengenalnya dengan metode 3D (diterawang, diraba, dilihat) atau pakai alat sederhana seperti lup.

"BI sudah melakukan pemeriksaan terhadap barang bukti, barang bukti tidak memenuhi ciri-ciri keaslian di BI. Barang ini bisa dikenali dengan mudah 3D," ungkap Aswin di Polres Jakarta Selatan, Selasa (27/5).

Warna uang kertas palsu hasil tidak setajam atau sebagus uang asli. Pada uang asli bisa dilihat pada bagian kiri bawah ada optical variable x. Proses atau teknik cetak uang asli dengan pigment tinta khusus. Dengan begitu bisa dikatakan warnanya akan berubah-ubah seiring perubahan sudut pandang mata kita.

Begitu juga dengan benang pengaman uang asli. Benar itu akan berubah warna kalau dilihat dari sudut pandang tertentu.

"Kalau palsu tidak menghasilkan efek perubahan warna. Kalau yang asli terasa kasar, karena dicetak dengan tinta khusus. Lambang negara harusnya juga kasar," tuturnya.

Selain itu jika kertas palsu kita terawang, ada tanda airnya yang dicetak dengan teknik sablon. Sedangkan uang asli ada tekstur khusus yang membuat permukaan kertas timbul. Hal tersebut yang membuat kertas terasa ada tekstur kasar ketika merabanya.

Proses pembuatan tekstur itu bersamaan dengan pembuatan kertas. Sedangkan uang kertas palsu proses membuat permukaan kasar hanya dengan bantuan tinta sablon.

"Kalau bandingkan dengan uang asli dibentuk pada saat pembuatan kertas. Sehingga membentuk efek tiga dimensi," tuturnya.


0 komentar:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

×::Get This::