Saturday 23 May 2015

Mau Berhenti Merokok? Nih Kiatnya...


Bagi sebagian orang Merokok adalah bagian dari hidup mereka, tanpa merokok mana bisa berfikir atau bisa bekerja. Sehingga setiap harinya mereka bisa menghabiskan 1-2 bungkus rokok. Dan merokok merupakan kebiasaan buruk yang menurut sebagian orang sangat sulit untuk dihentikan.

Banyak penyakit berat yang berhubungan dengan kebiasaan merokok. Dengan demikian, hal ini mungkin dapat meningkatkan kesadaran orang untuk berhenti merokok. Inilah tip berhenti merokok yang perlu Anda coba.

Menurut WHO, sedikitnya ada 16 jenis penyakit efek samping akibat rokok, yaitu rambut rontok, katarak, kulit keriput, hilangnya pendengaran, kanker kulit, karies, dan emphysema (rusaknya kantung udara pada paru-paru).

Lalu osteoporosisada, penyakit jantung, tukak lambung, disklori jari-jari, kanker uterus, kerusakan sperma, psoriasis, penyakit beurger, dan kanker.

Sudah banyak informasi perihal cara berhenti merokok dan jenis penyakit akibat merokok. Dengan semakin banyak tulisan, diharapkan semakin kuat tekat perokok untuk berhenti mengisap gulungan tembakau yang mengandung 4.000 jenis senyawa kimia, 400 zat berbahaya, dan 43 zat penyebab kanker itu.

Ada tujuh tip berhenti merokok yang ditulis dalam buku saku Kemenkes berjudul Hidup Sehat Tanpa Rokok, yakni:

1. Motivasi bulatkan tekad berhenti merokok. Tentukan alasan yang spesifik, supaya Anda mmpunyai tekad yang kuat untuk berhenti merokok.

2. Berhenti seketika. Hari ini Anda masih merokok, besok Anda berhenti sama sekali. Untuk kebanyakan orang, cara ini paling berhasil.

3. Kenali waktu dan situasi di mana Anda paling sering merokok. Misalnya, waktu menunggu, habis makan, nongkrong bareng. Coba alihkan kebiasaan merokok di tempat tersebut dengan aktivitas lain.

4. Tahan keinginan Anda dengan menunda. Waktu mau merokok, tunda dulu menyalakan korek apinya, misalnya, 5 menit dan tingkatkan lama penundaannya.

5. Berolahraga secara teratur. Dengan berolahraga akan membuat Anda terhindar dari stress, sehingga Anda tidak perlu merokok lagi sebagai untuk menghilangkan stres.

6. Mintalah dukungan dari keluarga dan kerabat untuk selalu mengingatkan Anda untuk tidak merokok.

7. Konsultasi dengan dokter untuk membantu ketergantungan pada nikotin.


source : Tempo.co

0 komentar:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

×::Get This::