Sunday 17 May 2015

Sering Lupa? Untuk Meningkatkan Daya Ingat, Nih Caranya...


Semakin bertambah usia terkadang daya ingat seseorang bisa menurun. Bukan cuma orang tua atau kakek - nenek saja yang mungkin dikatakan pikun, terkadang orang yang bisa dikatakan masih muda saja bisa demikian. 

Sering merasa susah mengingat nama? Atau, mungkin sulit untuk mengingat sudah makan dan di mana menaruh barang? Selain beban pikiran yang terlalu banyak, mungkin memang sudah mengalami kemunduran dalam mengingat. Eit asal jangan lupa sama Suami atau Isri Anda saja ya?

Tak perlu diselimuti rasa khawatir yang mendalam atau berpikir terlalu panjang karena bisa melakukan cara-cara mudah untuk membantu mengatasinya sebelum berkonsultasi dengan dokter. Berikut ulasan yang dilansir dari laman PureWow, 

1. Jogging

Aktivitas fisik ternyata berguna untuk meningkatkan fungsi otak. Studi dari British Journal of Sports Medicine mengungkapkan bahwa aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin akan memompa jantung dan meningkatkan ukuran hipokampus yang berperan dalam hal mengingat.

2. Keluar dari rutinitas

Pengalaman baru dapat membantu otak untuk lebih mempertahankan informasi. Mulai dari mencoba rute baru untuk pulang ke rumah, baca perlahan dan coba mengingat.

3. Datang bersama-sama

Interaksi sosial dapat mengurangi tingkat depresi dan stres yang berkontribusi untuk mengurangi kemampuan mengingat. Usahakan untuk berkumpul bersama teman, setidaknya sekali dalam seminggu.

4. Tantang diri Anda

Coba main games baru yang bisa mengasah aktivitas otak, terutama menajamkan ingatan.

5. Minum kafein

Coba setidaknya minum Americano tanpa gula sebanyak enam teguk. Kafein dapat membantu mempertahankan ingatan.

6. Hindari minuman beralkohol

Studi menemukan bahwa saat orang menginjak usia dan rutin meminum lebih dari dua setengah cangkir alkohol setiap harinya akan mudah hilang kemampuan mengingat, juga berpotensi untuk mengalami serentetan penyakit sekitar enam tahun kemudian dibanding yang jarang mengkonsumsi.

7. Katakan `OM`

Luangkan waktu untuk berdiam. Meditasi atau tindakan berkonsentrasi dengan pernapasan terbukti dapat mengurangi stres dan meningkatkan ingatan. Meditasi bisa dilakukan di mana dan kapan saja. Cukup pejamkan mata, fokus pada satu hal, dengarkan pernapasan, dan biarkan stres menghilang.

Semoga bermanfaat...

0 komentar:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

×::Get This::