Friday 8 May 2015

Selain Membaui, Inilah 5 Manfaat Penting Hidung


Terkadang saat Anda merasa sehat, Anda cenderung mengabaikan berbagai hal kecil yang berhubungan dengan keadaan tubuh Anda. Salah satunya adalah dengan kemampuan indera penciuman Anda dalam mencium aroma sesuatu. Padahal ketika indera ini tidak berfungsi, ada ancaman penyakit kronis hingga kematian mendadak yang mengintai di belakangnya.

Memang baik pesek atau mancung, fungsi utama hidung untuk bernapas sekaligus membaui aroma. Sehingga kita bisa membedakan mana wangi aroma masakan, wangi bunga, hingga busuknya sampah.

Namun, tahukah Anda bahwa kemampuan hidung tidak hanya membaui hal-hal seperti di atas tapi juga seperti enam hal berikut seperti dilansir liputan6.com, (8/5/2015).

1. Mampu merasakan emosi orang lain
 
Tidak hanya menangkap emosi, tapi juga mampu merasakannya seperti studi dalam Psychological Science. Lewat penciuman hidung, Anda bisa tahu orang lain sedang merasakan jijik bahkan hasrat seksual.

2. Bisa memprediksi umur
 
Orang yang memiliki kesulitan dalam membaui aroma orange atau peppermint sekitar 20 persen diantaranya akan meninggal dalam kurun waktu 5 tahun ke depan.
Menurut studi University of Chicago, Amerika Serikat kehilangan kemampuan untuk mengidentifikasi bau menjadi tandap peringatan awal terjadinya gangguan kesehatan.

3. Membantu mengingat kenangan
 
Pernahkan Anda mencium aroma parfum seseorang dan kemudian teringat dengan kenangan bersama mantan kekasih karena ia menggunakan parfum yang sama? Jika iya, hal-hal ini memang dapat dijelaskan secara ilmiah. Menurut penelitian di jurnal Nature, ada daerah di otak yang terlibat dengan memoring jangka panjang dan ini terlibat dengan kemampuan penciuman.

4. Bangun kenangan baru
 
Sama seperti poin nomor 3 bahwa aroma dapat membangkitkan kenangan lama, aroma dapat membuat sebuah kenangan baru.

5. Sulit merasakan makanan tanpa aroma
 
Menurut laporan dari University of Nebraska, Amerika Serikat kemampuan merasakan sebenarnya terbantu dari indra penciuman. Contohnya, saat hidung tersumbat makanan jadi kurang terasa nikmat karena penciuaman terganggu.

0 komentar:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

×::Get This::